Rabu, 25 Juli 2012

Cerpen Kejutan ulang tahun RioLa

Diposting oleh Unknown di 19.16

Hai namaku Riola.. ya namaku terdengar aneh ya,, nama lengkapku Riola alananda Santika dewi. Tapi kebanyakan semua temen-temen gue manggil aku riola kadang mereka manggil aku biola. Huftt.. tapi gak apa-apa dech,, yang penting aku cantik dan manis. Aku baru duduk di kelas 2 sekolah menengah pertama dikotaku. 

Sore itu begitu hening, seisi rumahku juga kelihatan gak perhatian sama sekali padaku. Padahal aku besuk ulang tahun ku yang ke 17 loch. Dalam hati apakah mereka sama sekali tidak punya rencanamembuat pesta kecil-kecilan yah? Mereka sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing.  Sontak jja aku teringat dengan Devin. Yah, dia adalah cowok aku yang paling nyebelin. Kenapa kubilang begitu ? karena tadi bagi aku sempat dihukum sama guru matematika aku didepan kelas gara-gara aku lupa ngerjaen PR, aku disuruh nyanyi “menthok2” dengan gaya menthoknya. Semua teman sekelasku tertawa ,, tak terkecuali geng aku yang terdiri dari lisa, preti dan winda.. eh eh  devin jg ikut tertawa. Nyebelin... Tapi disaat BT gini tu enaknya curhat ah pergi ketemu devin.. hehhe saat itu kuambil hp yang ada disebelahku. Tututututu..... (menelpon devin) kok gak diangkat batinku. Hp aku matiin seketika. Dalam hati tambah BT nich... tiba-tiba ada yang telfon,, ternyata si devin telfon balik , “hallo menthokku sayang, mf ya.. tadi aku dikamar mandi,, gak pa2 kan?”hehe aku jawab aja dengan cethusnya “ huh nyebelin,, aku pngend ketemu nich?!” si kevin jawab” jngan nganmbek dong..ok lah ditempat biasa ya”.
***
Aku sudah siap-siap mau berangkat, eh tiba-tiba ada sms masuk “ q gk bs ktmu ynk, ad urusn kluarga pnting bnget”. Sontak aku makin emosi sore itu. BT tak kunjung datang ketika aku berkunjung dirumahnya lisa, karena diantara anggota geng aku itu hanya lisa lah yang ada dirumah sore itu. Dia malah tidak mudeng apa yang aku curhatin. Katanya itu semua biasa jja ,, anggap slow. Dia juga gak ingat besuk tu hari ultahku. Padahal aku hanya ingin mereka pada sadar kalau besuk itu hari ultahku. Sore itu aku mencoba tidur saja menghilangkan kegalauan dihati yang aku rasakan.
***
                Aku bangun sudah jam 5, buru-buru aku mandi. Eh hbis mandi dihadang ibu didepan kamar mandi. “Ri,, ibu mau bicara sebentar” dengan nada lirih. “da pa nie bu,, tumben bngets ibu kelihatan sedih kyak gini?’’. Aku kelihatan bingung. Kami langsung duduk dimeja makan dekat kamar mandi dirumahku. “Tasi sewaktu kamu tidur keluarga devin dan devin serta... tunangannya datang kemari’’. Aku kaget bukan maen. Langsung saja aku berdiri dengan perasaan gak karuan. “ apa tunangan kata ibu?” apa maksudnya ini?” _ “sudah duduk saja dulu. “iya sebetulnya devin memang sudah dijodohkan sejak dia berumur 7 tahun, dan tadi keluarganya mencoba bicarabaik-baik kepada ibu supaya menyampaikan kekamu yang memang ibu tak berani membangunkanmu yang tertidur lelap, kamu sabar yah sayang”. Kata ibu menghibur.

Aku berjalan kekamar dengan lemas, kenapa selama ini devin tidak pernah bercerita tentang tunangannya itu,, apa dia sengaja merahasiakannya dan mempermainkan aku?aku bingung kalang kabut. Berjam jam aku menangis dikamar tak karuan . aku kecewa dengan devin. Dia adalah orang yang paling dekat dengan ku malah membohongi aku. Dan kebohongan itu ditunjukkannya saat mendekati ulang tahunku. Sungguh kado yang teramat berat bagiku..
jam menunjukkan pukul 8 mlam, aku pun masih didalam kamar. Ibuku mencoba menghiburku , dan menyruhku makan. Tapi aku tak punya selera apa apa,menahan kepedihan ini. Kamar yang awalnya rapi, jadi amburadul gak karuan gra-gara kegalauanku. Ibu dan ayahku kelihatan mengkhawatirkan ku dari luar kamar. Abangku yang baru datang dari kerja pun diminta untuk membujuk aku makan. Tapi aku masih tidak membukakan pintu saat itu. Lama-kelamaan suara kekhawatiran itu hilang, rengekan ibu yang khawatir mulai tidak ada. mungkin mereka lagi nonton tv bareng dikamar tengah. Perut lapar sekali ,, kemudian aku lihat ada cokelat dikantong tas aku. Yah aku ingat itu cokelat dari winda siang itu. Kata winda itu cokelat perpisahan karena dia mau pindah kepekanbaru ikut ayahnya. Karenaakau laper ya, seketikaaku makan.

***
 Tiba-tibaaku bangun dari tidurku , ternyata habis makan cokelat dari winda aku teridur pulas. Kulihat jam dinding dikamarku menunjukkan jam 12. Tiba-tiba alarm hp aku berbunyi, aneh sekali siapa yang ngasih alarm jam 12 malam begini? Aku samasekali tidak merasa ngasih alarm kayak gini. Tiba-tiba saja suara ketukan pintu dari luar kamar aku. “apa itu ibu ya?” pikirku..
karenaaku merasa berslah pada ibu yang mengabaikannya tadi. Akaupun beranjak daritempat tidur dan membuka pintu kamarku.
Dan spontan ada yang mengguyurku sambil menyayikanlagu happy birthday.Tubuhku ini tersa asem, dan amis. Kelihatan redup, tapi aku yakin orang didepanku adalah devin. Kuhapus bongkahan tepung dimataku dan ternyata benar itu devin,  ibu,ayah dan anggota geng aku pun berada didepan kamar aku. Dan depan kamar aku ditata layaknya ada pesta besar disitu. Didinding terpajang gambar biola besar yang tertulis happy birthday Riola sebagai simbol namaku dengan kerlapkelip lampu disampingnya. Sungguh menawan. Berbagai balon tertata rapi diatap rumahku. Disofa ruang tamu terlihat ada ibu, dan ayah devin. “Apa-apan ini?” aku belagak bego. “biola sayang, maafin devin yah,, sebenarnya devin tidak tunagan  kok, itu hanya sekedar sandiwara ngerjain kamu, maafin yah?” sambil membawa kue ulang tahu didepanku. spontan saja aku tertawa terbahak-bahak , semua yang ada disitu ikut tertawa menertawakan aku mungkin yang habis nangis sampai mataku sembab  karnakebegokanku. Hahhaa

Malam itu begitu indah sekali, devin kasih kado aku boneka beruang dengan membawa biola, unik banget bonekanya. Oh iya ternya winda juga ada disitu, dia tidak pindah kepekan itu semua adalah bagian sandiwara devin, alarm juga devin yang masang  Supaya bisa ngasih cokelat yang bisa menidurkan aku. Supaya mereka semua dapat menata ruang depan kamar aku. Oh myGod, kenapa aku tidak menyadari hal itu. Ini adalah kado terindah yang pernah aku dapat seumur hidup aku. Terima kasih pren, dan mylovely devin...

4 komentar:

Unknown on 27 Juli 2012 pukul 16.21 mengatakan...

iya sih indah dan unforgetable kejutannya. masalahnya, siapa yang bakal ngepel bekas guyuran asem manis di depan kamar Riola??
oh no!

Unknown on 1 Agustus 2012 pukul 06.54 mengatakan...

khusus yg bersihin mbk nisa ajja dech,, !! wkwkkwk

Unknown on 29 November 2012 pukul 04.29 mengatakan...

nice^^ visit my blog http://aizzaaulania.blogspot.com :)

Unknown on 9 Januari 2013 pukul 18.25 mengatakan...

mksie mbk Izza.... OKE,, !!

Posting Komentar

 

AsiyahLight Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos